Wabup Sambut Baik Hadirnya Batam Batik Fashion Week di Bintan


Wabup Menghadiri Batik Fashion Week di Plaza Lagoy Bay


Media Center Bintan - Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalamsri Syam, MM didampingi beberapa Kepala OPD Bintan serta pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bintan hadir dalam malam pembukaan Batam Batik Fashion Week di Plaza Lagoy Bay, Sabtu malam (13/7). Dalam kesempatan ini, Dekranasda Kota Batam memperkenalkan beberapa motif Batik asli Kota Industri itu yang dipamerkan oleh modeling lokal melalui tiga segment tampilan.

Walikota Batam Muhammad Rudi, SE yang turut hadir dalam acara tersebut memberi apresiasi tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan yang turut memberi ruang bagi kerajinan Batik khas Kota yang berbatasan langsung dengan Singapore dan Malaysia ini untuk diperkenalkan.

"Terimakasih dan takzim kami kepada Pemerintah Kabupaten Bintan. Begitu besarnya dukungan yang diberikan untuk kami memperkenalkan Batik kebanggan masyarakat kami ini di kancah yang lebih luas" ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Bintan dalam sambutannya juga memberi semangat positif bagi masa depan pengrajin Batik yang ada di Bintan maupun Batam. "Ini budaya asli Indonesia. Tiap daerah punya ciri tersendiri, Batam punya seperti ini, Bintan punya seperti ini. Masing-masing punya nilai estetika dan seni. Ke depan kita sama-sama berharap, seluruh pengrajin Batik baik di Bintan maupun Batam bisa terus berkreatifitas untuk memperkenalkan motif asli tanah Melayu ini ke dunia luar" terangnya.

Ketua Dekranasda Kota Batam Marlin Agustina Rudi saat menyampaikan laporannya menceritakan bahwa perjalanan panjang kiprah Batik di Kota Batam menjadi semangat tersendiri bagi mereka. Upaya jatuh bangun nyatanya terus dihadapi demi kesuksesan Batik yang harus eksis di bumi Lancang Kuning.

"Beragam halang rintang kami hadapi dan dapat kami maklumi. Alhamdulillah hingga saat ini, sepuluh motif Batik asli Kota Batam terus kami kembangkan dan kami promosikan, salah satunya melalui Batik Fashion Week ini" paparnya.

Batam Batik Fashion Week sendiri telah memasuki tahun ketiga. Sebelumnya digelar di Kabupaten Karimun pada 2017 dan Kota Tanjungpinang pada 2018. Bintan selanjutnya dipilih menjadi lokasi pamerab di tahu ini dengan penampilan corak dan fashion modern yang semakin lengkap. Tak kurang dari 30 style fashion yang dirancang beberapa designer profesional Kota Batam dengan para pengrajin di sana. Kegiatan ini juga turut mengundang antusiasme masyarakat sekitar yang datang untuk berburu Batik maupun melihat pameran yang dilakukan.

  • Tags: