Kominfo Bintan Lakukan Asistensi Dan Sosialisasi Aplikasi Pencaker Ke Disnaker



Dalam rangka mendukung transformasi layanan berbasisi digital yang saat ini terus meningkat Dinas Kominfo Kabupaten Bintan kembali melakukan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan, dalam pertemuan pada hari Rabu 16/02/2022 yang bertempat diruang rapat Disnaker, membahas hasil pembuatan aplikasi Silancar sekaligus dilakukan sosialisasi pengoperasian aplikasi oleh Dinas Kominfo melalui Bidang Layanan E-Government.


Aplikasi yang sudah lama direncanakan dan beberapa kali mengalami pengembangan tersebut akhirnya selesai dan siap untuk diluncurkan, aplikasi Silancar yaitu Sistem Layanan Pencari Kerja, sebuah sistem aplikasi pelayanan dan pendataan ketenagakerjaan di Kabupaten Bintan. Silancar memiliki pelayanan terdiri dari Pelayanan AK1 ( Kartu Kuning ), Pelayanan Informasi Lowongan Kerja dan penempatan Tenaga Kerja. Serta pendataan pencari kerja dan tenaga kerja.




Sosialisasi yang dihadiri pajabat dan para staf Disnaker tersebut berjalan dengan baik, nantinya dari sosialisasi aplikasi ini, Disnaker sebagai pelaksana pembuatan AK1 atau kartu kuning dapat melakukan pembuatan secara online dari pemohon pencari kerja masyarakat Kabupaten Bintan. Sehingga pemohon tidak perlu datang langsung ke kantor Disnaker tetapi cukup melakukan registrasi melalui aplikasi.


Jika registrasi dan persyaratan pemohon AK1 sudah memenuhi syarat nantinya AK1 akan dikirim ke pemohon melalui email pemohon dalam bentuk file softcopy atau dokumen elektronik.


Disnaker mengucapkan banyak terima kasih kepada Kominfo yang telah membantu pembuatan aplikasi dan inovasi baru  tentang teknologi informasi, dengan adanya apaikasi Silancar ini sangat membantu Disnaker dalam menjalankan tugas yang saat ini masih manual menjadi digital. (egv)