Kominfo Bintan Dan BSSN Tingkatkan Keamanan Aplikasi Dengan IT Security Assessment



Layanan publik kini banyak didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi. Banyak kemudahan yang didapatkan namun tidak sedikit pula risiko gangguan yang bisa membuat layanan publik menjadi tidak tersedia karena gangguan pada teknologi informasi pendukungnya. Terkait hal tersebut diperlukan IT Security Assesment yang bertujuan untuk menguji keamanan TI dalam rangka mengidentifikasi kerentanan dan proses penilaian risiko keamanan TI pada suatu instansi.


Berdasarkan hal tersebut diatas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan bekerja sama dengan Badan Sandi dan Siber Negara melakukan IT Security Assesment terhadap beberapa aplikasi yang digunakan oleh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan.


Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai hari senin, 25 Oktober 2021 sampai hari rabu, 27 Oktober 2021 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan.



Dalam pemaparan hasil IT Security Assesment yang telah dilakukan, Kasi Persandian, Keamanan Informasi dan Telekomunikasi SUPRIYANTI NINGSIH yang akrab di panggil Yanti menyampaikan, “IT Security Assesment diperlukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang ada pada aplikasi ataupun website yang dipergunakan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan.


Yanti juga menyampaikan bahwa kedepannya perlu meningkatkan SDM yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika yang profesional dalam bidang Security Assessment agar dapat melakukan assessment mandiri terhadap aplikasi dan website yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan, Tutupnya.

  • Tags: