Diskominfo Bintan Lakukan Asistensi Penggunaan Aplikasi Absen Online SIKAB



Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bintan bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bintan menggelar rapat bersama dan pemaparan penggunaan aplikasi  "SIKAB Bintan" absensi online berbasisi android di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Bintan.

 

Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat tiga kantor Bupati Kabupaten Bintan (19/09) dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala BKPSDM dan dihadiri beberapa Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian dan Admin Aplikasi OPD.

 

Kepala BKPSDM Bintan, Edi Yusri menyampaikan absensi online tersebut merupakan tindak lanjut kehadiran elektronik di lingkungan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi.

"Sehingga nantinya sistem absensi online ini sesuai Paraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2023 tentang tunjangan TPP mengisyaratkan bahwa kehadiran tersebut berupa absen elektronik. Oleh karena itu, maka tunjangan TPP dinilai dari kinerja pegawai 70% dan kehadiran absen pegawai 30%" jelas Edi.

 

Dikatakannya pula, bahwa dalam sistem elektronik aplikasi SIKAB Bintan tersebut baru akan dicoba (trial) beberapa OPD terlebih dahulu untuk melihat keefesiensinya. Dirasa sudah efisien, nantinya sistem absensi online melalui aplikasi SIKAB Bintan akan diterapkan secara keseluruhan OPD di Bintan.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan E-Government Diskominfo Bintan, Andi Asrizal mengatakan aplikasi SIKAB Bintan tersebut untuk user atau pengguna baru dapat digunakan pada telepon pintar Android, sementara untuk IOS belum dapat direalisasikan.


"Diketahui, untuk menu pada aplikasi SIKAB Bintan yaitu riwayat absen, absensi dan absen bersyarat. Dimana absen bersyarat tersebut terdiri dari cuti, dinas dalam dan dinas luar. Karena nantinya untuk izin, izin sakit dan izin lainnya, itu akan masuk ke dalam kategori cuti" paparnya.

 

Kabid Layanan E-Government menyampaikan, saat penggunaan aplikasi SIKAB selama satu bulan kedepan, menerima masukan-masukan dari para pengguna bilamana terdapat masalah saat penggunaan akan segera diperbaiki. Sebab aplikasi SIKAB ini nantinya akan di integrasi dengan aplikasi E-kinerja yang sudah ada, apabila selama satu bulan penggunaan aplikasi SIKAB ini berjalan dengan lancar. Karena aplikasi yang baik adalah aplikasi yang selalu dilakukan pengembangan, dengan adanya pengembangan maka aplikasi tersebut telah digunakan/dimanfaatkan  oleh penggunanya, tutupnya.

 

Setelah pembuka dan sambutan kegiatan dilanjutkan tanya jawab dari peserta yang hadir dan pemaparan penggunaan aplikasi SIKAB oleh tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan dan langsung di praktikan oleh admin aplikasi masing-masing OPD di dampingi tim IT Diskominfo.

 

 

 

 

  • Tags: